Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Fluida Statis

Rahmazani ., Adlim ., Rini Safitri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap peningkatan hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa pada materi fluida statis dan mengetahui respon siswa terhadap model pembelajaran inkuiri terbimbing. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen research dengan Non-equivalent control group pretest-posttest design. Populasi penelitian dipilih siswa kelas XI IPA 1, XI IPA 2, XI IPA 3, dan XI IPA 4 pada SMAN 1 Peukan Pidie. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Sampel Acak Kelompok (Cluster Random Sampling). Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 dan XI IPA 3 di SMAN 1 Peukan Pidie dengan jumlah masing-masing 22 dan 20 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui pretes dan posttes yang dilengkapi dengan alasan, angket KPS dan angket respons siswa. Kesimpulan diambil berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data dengan menggunakan ProAnaltes. Keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa meningkat pada materi fluida statis setelah penerapan model inkuiri terbimbing dengan rata-rata N-Gain sebesar 50% terlihat untuk setiap indikator keterampilan proses sains yang mencapai kategori sedang dengan proses pembelajaran 4x pertemuan. Tanggapan siswa terhadap model pembelajaran inkuiri terbimbing mendapatkan respon yang sangat baik dengan persentase 91,3% sangat tertarik, karena model pembelajaran dikaitkan dengan kehidupan nyata sehingga siswa berperan aktif dalam setiap proses pembelajaran dengan cara menemukan dan menggali sendiri materi pelajaran. Disamping akan terhindar dari kekeliruan, konsepsi siswa juga akan mantap dan akan melekat lebih permanen. Kelebihan inilah yang menyebabkan penerapan model inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan mampu meningkatkan KPS siswa. Sebanyak 4,34% siswa tidak tertarik dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dikarenakan siswa tidak tertarik untuk menemukan sendiri dan tidak berani menggungkapkan gagasannya

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.