Pengaruh Pendapatan Asli Kabupaten/Kota, Dana Alokasi Umum, Dana Otonomi Khusus dan Dana Bagi Hasil terhadap Kinerja Keuangan Kabupaten/Kota Pemekaran di Provinsi Aceh

Ihsan Arief

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pendapatan asli kabupaten/kota, dana alokasi umum, dana otonomi khusus dan dana bagi hasil terhadap kinerja keuangan kabupaten/kota pemekaran di provinsi Aceh. Populasi dalam penelitian ini adalah kabupaten/kota pemekaran di Provinsi Aceh yang berjumlah 13 Kabupaten/Kota, dengan tahun pengamatan yang diambil adalah tahun 2014-2015. Metode pemilihan sampel dilakukan secara purposive sampling. Sumber data dalam penelitian ini merupakan data sekunder yaitu sumber data penelitian yang diperoleh secara tidak langsung atau melalui media perantara yaitu yang diperoleh dari laporan keuangan daerah Kabupaten dan Kota Pemekaran di Aceh periode tahun 2014 dan 2016 yang bersumber dari Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan Republik Indonesia, sehingga jumlah observasi 39 observasi (13 provinsi dikali 3 tahun). Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PAK berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan, dana Otsus berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kinerja keuangan sedangkan DAU memiliki pengaruh negatif terhadap kinerja keuangan dan DBH berpengaruh negatif  dan signifikan terhadap kinerja keuangan.

KEYWORDS :  kinerja keuangan pengaruh pendapatan asli kabupaten/kota, dana   alokasi umum, dana otonomi khusus dan dana bagi hasil.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.