ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN KURMA KEMASAN MEREK HUMAIRA ANGGUR DI KOTA BANDA ACEH

T Makmur M.Si, T Fauzi, Rana Yuspita

Abstract


Permintaan adalah jumlah barang dan jasa yang akan dibeli konsumen pada periode waktu dan keadaan tertentu.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis trend permintaan kurma kemasan merek Humaira Anggur di Kota Banda Acehdan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan kurma kemasan merek Humaira Anggur di Kota Banda Aceh. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara purposive, pengambilan sampel penelitian ini dilakukan secaraaccidental, dengan jumlah sampel sebanyak 35.Data yang digunakan adalah data primer dari konsumen di 7 lokasi penelitian melalui wawancara langsung dengan menggunakan kuesioner dan data sekunder dari PT. Humaira Trading.  Penelitian ini menggunakan analisis trend dananalisis regresi linear berganda. Hasil analisis trend menunjukkan trend positif, dengan peningkatan sebesar 1,9 ton per tahun dan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan kurma kemasan Humaira Anggur secara signifikan adalah pendapatan konsumen, puasa sunnah, dan bulan ramadhan, sedangkan variabel yang tidak berpengaruh adalah harga buah kurma kemasan Humaira Anggur, harga buah kurma curah, dan gaya hidup.Demand is the amount of goods and services consumers will buy in a certain period of time and circumstances. The aims of this study is to analyze the demand trend of Humaira Anggur dates in Banda Aceh and to analyze the factors that affect the demand of Humaira Anggur dates in Banda Aceh. The location of this research is determined by using purposive method, while the sample of thestudy, 35 samples,taken by utilizing accidental method. The primary data are collected from consumers in 7 stores in Banda Aceh,  through direct interview by using questioner and the secondary data are obtained from PT. Humaira Trading’s report. The data are analyzed by using trend analysis method and multiple linear regression. The result of trend analysis shows positive trend, with an increase of production around 1.9 tons/year. The linear regression indicates that the factors that significantly influence the demand of Humaira Anggur dates are consumer income, fasting sunnah, and month of ramadhan, whereas the price of the Humaira Anggur dates, price of other dates, and lifestyle in significantly.

Keywords


Permintaan, Kurma, Kurma Kemasan Humaira Anggur, Trend; Demand, Dates, Humaira Anggur Dates, Trend.

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. 2016. Statistik Perdagangan Luar Negeri 2016. BPS Pusat, Jakarta.

Dinas Pangan Provinsi Aceh. 2017. Jumlah Konsumsi Buah Kurma, Banda Aceh.

Richard, L. 1995. Pengantar Ekonomi Mikro. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Sudjana. 2002. Metode Statistika. Tarsito, Bandung.

Priyanti, D. 2012. Analisis perilaku permintaan rumah tangga dan jumlah pasokan cabai merah kriting di DKI Jakarta.Skripsi. Universitas Institut Pertanian Bogor, Bogor.




DOI: https://doi.org/10.1234/agrisep.v21i2.17217

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons LicenseISSN: 1411-3848E-ISSN: 2579-6372
Copyright© 2000-2017 | ISSN: 1411-3848 | EISSN: 2579-6372 
Jurnal Agrisep is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Published by: 
Program Studi AgribisnisFakultas Pertanian, Universitas Syiah Kuala 
associated with -. 
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3, Kopelma Darussalam,
Banda Aceh, 23111, Indonesia.
Phone: - 
Email: agrisep@unsyiah.ac.id & agrisep.unsyiah@gmail.com


Online Submissions & Guidelines Editorial Policies | Contact Statistics Indexing | Citations