ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN MINUMAN KOPI PADA WARUNG KOPI SOLONG ULEE KARENG KOTA BANDA ACEH

Dr. Ir. Safrida , M.Si, Edy Marsudy, Putri Jannah

Abstract


Warung kopi solong merupakan salah satu warung kopi tertua di kota Banda Aceh. Masalah yang dihadapi warung kopi solong adalah tingginya tingkat persaingan sejenis yang memungkinkan konsumen untuk beralih ke produk pesaing. Sehingga warung kopi solong dituntut untuk semakin cermat dalam membaca kebutuhan dan selera konsumen. Dalam mengambil keputusan pembelian, konsumen akan menilai beberapa faktor dari suatu produk seperti kualitas produk, harga, dan lokasi. Selain itu konsumen juga dipengaruhi oleh faktor pribadi seperti umur dan jenis kelamin. Jurnal ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh umur jenis kelamin kualitas produk, harga, dan lokasi terhadap keputusan pembelian. Populasi pada penelitian ini yaitu konsumen warung kopi solong dan konsumen warung kopi lain. Sampel penelitian ini berjumlah 100 orang, yang terdiri dari 50 orang konsumen warung kopi solong dan 50 orang konsumen warung kopi lain. Penelitian ini diolang dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, dan analisis regresi logistik biner. Penelitian ini menunjukan bahwa faktor umur, kualitas produk, harga, dan lokasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan faktor jenis kelamin tidak berpengaruh signifikan.

Solong coffee shop is one of the oldest coffee shops in the city of Banda Aceh. The problem faced by the Solong coffee shop is the high level of competition that allows consumers to switch to competing products. So Solong coffee shop is demanded to be more careful in reading the needs and tastes of consumers. In making purchasing decisions, consumers will assess several factors of a product such as product quality, price, and location. In addition, consumers are also influenced by personal factors such as age and gender. This journal aims to determine the effect of age, gender, product quality, price, and location on purchasing decisions. The population in this study are consumers of Solong coffee shops and other coffee shop consumers. The research sample consisted of 100 people, consisting of 50 solong coffee shop consumers and 50 other coffee shop consumers. This research was processed using validity, reliability, and binary logistic regression analysis. This study shows that age, product quality, price, and location have a significant effect on purchasing decisions. While the gender factor has no significant effect.


Keywords


Umur, Jenis Kelamin, Kualitas Produk, Harga, Lokasi, Keputusan Pembelian; Age, Gender, Product Quality, Price, Location, Buying Decision;

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik (BPS). 2018. Potret Pedidikan Indonesia Statistik Pendidikan 2018. Badan Pusat Statistik. Jakarta.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi 13. Erlangga. Jakarta.

Munsari, Nia Novita. 2015. Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Kopi Solong Ulee Kareng (Studi Kasus Pada Konsumen Usia Remaja Dewasa Terhadap Warung Kopi Solong Banda Aceh). Skripsi. Universitas Syiah Kuala. Banda Aceh.

Pratama, Santi Yoga. 2018. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen di Agya Collection Ponorogo. Skripsi. Universitas Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Ponorogo.

Publica, Brahm Nehru F dan Widodo, Arry. 2016. Pengaruh Kualitas Produk, Desain Produk dan Merek Terhadap Proses Keputusan Pembelian Sepatu Converse All Stars (Studi Pada Mahasiswa Universitas Telkom Angkatan 2012-2015. Jurnal Manajemen. Vol. 3 No. 2. Universitas Telkom. Bandung.

Walukow, Agnes Ligia P., Lisbeth Mananeke dan Jantje Sepang. 2014. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Bentenan Center Sonder Minahasa. Jurnal EMBA. Vol. 2 No. 3. Universitas Sam Ratulangi. Manado.

Watae, Reynaldo Henry., Frederik G. Worang dan Djurwati Soepeno. 2017. Pengaruh Faktor-Faktor Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rumah Kopi Billy Samrat di Manado. Jurnal EMBA. Vol. 5 No. 3. Universitas Sam Ratulangi. Manado.




DOI: https://doi.org/10.1234/agrisep.v21i2.17223

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons LicenseISSN: 1411-3848E-ISSN: 2579-6372
Copyright© 2000-2017 | ISSN: 1411-3848 | EISSN: 2579-6372 
Jurnal Agrisep is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Published by: 
Program Studi AgribisnisFakultas Pertanian, Universitas Syiah Kuala 
associated with -. 
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3, Kopelma Darussalam,
Banda Aceh, 23111, Indonesia.
Phone: - 
Email: agrisep@unsyiah.ac.id & agrisep.unsyiah@gmail.com


Online Submissions & Guidelines Editorial Policies | Contact Statistics Indexing | Citations