Depik Jurnal Jurnal Ilmu Ilmu Perairan Pesisir dan Perikanan

Depik Jurnal

DEPIK JURNAL


Depik atau nama latinnya Rasbora tawarensis adalah ikan endemik di Danau Laut Tawar, Takengon Provinsi Aceh. Ikan ini telah menjadi trade mark nya Kota Takengon ibu kota Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Aceh. Saat ini populasi ikan depik terus menurun dan berdasarkan hasil evaluasi terakhir yang dilakukan oleh Conservation Breeding Specialist Group – IUCN yang diterbitkan Tahun 2003, ikan ini sudah tergolong Critical Endangered (CR) dari sebelumnya Vulnerable (IUCN, 1990). Mengingat akan pentingnya ikan Depik baik dari segi ilmu pengetahuan maupun perekonomian, maka ikan ini ditabalkan sebagai nama Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Perairan, Pesisir dan Perikanan, Fakultas Kelautan dan Perikanan, Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh.

Jurnal ini dibentuk pada 6 Februari 2012 dan edisi perdananya terbit April 2012. Jurnal ini diterbitkan oleh Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Syiah Kuala (KKP – Unsyiah) bekerjasama dengan Unit Kegiatan Mahasiswa Publikasi Ilmiah dan Kreatifitas Mahasiswa (UKM PIKM) KKP Unsyiah dan Lembaga Penelitian Unsyiah dengan didukung dewan redaksi terdiri dari para pakar dibidang perikanan, kelautan, pesisir dan ekologi perairan.

Ruang lingkup

Jurnal Depik adalah jurnal ilmiah untuk bidang ilmu-ilmu perairan, pesisir dan perikanan, termasuk hasil-hasil penelitian dan review dalam bidang kajian meliputi:

- Budidaya perairan

- Teknologi penangkapan dan pengolahan ikan

- Manejemen sumberdaya perairan

- Sosial ekonomi perikanan dan masyararakat pesisir (bio-ekonomi)

- Ekologi perairan (tawar, payau dan laut)

- Biologi laut dan oseanografi

- Kimia perairan (tawar, payau dan laut)

- Bio-ekologi biota dan tumbuhan perairan

- Pemodelan laut

- Meteorologi

- Dan lain-lain bidang kajian berkaitan dengan perairan dalam arti luas

Jurnal ini diterbitkan tiga kali setahun (April, Agustus dan Desember), paper yang sudah diterima dan siap dipublikasikan akan online (early view) secara bertahap dan versi cetaknya akan diedarkan pada akhir periode penerbitan, yaitu Bulan April, Agustus dan Desember.


FORMAT PENULISAN

DEPIK terbit tiga nomor dalam satu tahun (April, Agustus dan Desember). Jurnal Depik menerima naskah dalam bentuk hasil penelitian, catatan penelitian (research note), dan telaah pustaka (review) baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris.  Penulis diminta mengirimkan naskahnya dalam bentuk soft-copy ke alamat email redaksi Jurnal Depik jurnaldepik@yahoo.co.id. Penulis akan mendapat satu cetak lengkap (hard-copy) Jurnal Depik setelah terbit.

Naskah yang akan dimuat dikenai biaya cetak dan pengiriman sebesar Rp. 300.000 bagi dosen dan peneliti dan Rp. 150.000 bagi mahasiswa (S1) sebagai penulis pertama (dibuktikan dengan photo-copy kartu mahasiswa). Pembayaran dapat diserahkan langsung kepada redaksi Jurnal Depik atau melalui rekening bank yang akan diinformasikan kemudian setelah paper diterima dan siap dipublikasikan. Pembayaran dilakukan setelah penulis menerima surat pemberitahuan penerimaan artikel (acceptance letter) sebelum jurnal diterbitkan. Salinan bukti pembayaran mohon dikirim ke alamat email redaksi Jurnal Depik.

Naskah artikel adalah karya penulis sendiri dan bebas plagiatisme, untuk itu setiap penulis harus membuat surat penyataan bebas plagiat sebelum naskah diterbitkan.  Naskah yang akan dikirimkan agar diketik dalam bentuk template dengan program Microsoft word, margin atas dan kiri 2,2 cm, tepi kanan dan bawah margin 2,0 cm, tipe huruf Garamond, Fond 11 (kecuali judul dan nama penulis). Setiap halaman diberi nomor di bagian tengah bawah secara berurutan. Gambar dan Tabel langsung ditempatkan dalam teks.

Naskah disusun dengan urutan sebagai berikut:

  • Judul dalam Bahasa Indonesia (Fond 14 bold, sejajar kiri)
  • Judul dalam Bahasa  Inggris (Fond 14 bold,  huruf miring dan sejajar kiri)
  • Nama lengkap penulis tanpa disertai gelar, dan superscript alamat afiliasi (Fond 12 bold, sejajar kiri)
  • Nama lembaga/institusi, disertai alamat lengkap dengan nomor kode pos dan alamat email korespondensi (Fond 11, sejajar tengah/centered,  mengikuti superscript)
  • Abstrak dalam Bahasa Inggris, tidak lebih dari 250 kata (Fond 11, italic)
  • Kata kunci dalam Bahasa Inggris (Fond 11, italic)
  • Abstrak dalam Bahasa Indonesia, tidak lebih dari 250 kata (Fond 11)
  • Kata kunci dalam Bahasa Indonesia (Fond 11)
  • Pendahuluan (Heading fond 12 bold, isi fond 11)
  • Bahan dan Metode (Heading fond 12 bold, isi fond 11)
  • Hasil dan Pembahasan (Heading fond 12 bold, isi fond 11), bagian ini dapat juga dipisahkan.
  • Kesimpulan (Heading fond 12 bold, isi fond 11)
  • Ucapan terima kasih, jika ada (Heading fond 12 bold, isi fond 11)
  • Daftar Pustaka (Heading fond 12 bold, isi fond 11)
  • Gambar dan Tabel beserta keterangannya (Fond 8 atau 11, sejajar tengah/centered)

Pengutipan dengan menggunakan nama akhir dan tahun, penulis lebih dari 2 orang ditulis nama akhir penulis pertama diikuti et al. dan tahun penerbitan, penulis dua orang dipisahkan oleh kata “dan”, contoh:

  • Muchlisin (2010) atau (Muchlisin, 2010).
  • Muchlisin et al. (2011) atau (Muchlisin et al., 2011)
  • Muchlisin dan Musman (2012) atau (Muchlisin dan Musman, 2012)
  • Lebih dari satu kutipan untuk satu paragraph: (Muchlisin, 2010; Muchlisin et al., 2011)

Penulisan Daftar Pustaka

Daftar pustaka ditulis memakai sistem nama dan disusun secara alfabetik, beberapa contoh:

Jurnal Ilmiah:

Muchlisin, Z.A., M.N. Siti-Azizah. 2009. Diversity and distribution of freshwaters fish in Aceh waters Northern Sumatera Indonesia. International Journal of Zoological Research, 5(2): 62-79.

Bab dalam Buku:

Suparno, W.H. 1985. Laju pertumbuhan harian ikan lele dumbo (Claris batrachus) pada tingkat pemberian protein yang berbeda, halaman 12-18 dalam Z.A. Muchlisin (ed), Aquaculture. In Tech Publishing, Croatia.

Abstrak:

Muchlisin,  Z.A., M. Musman,  M.N. Siti-Azizah.  2010. Length-weight relationships and condition factors of two threatened fishes, Rasbora tawarensis and Poropuntius tawarensis, endemic to Lake Laut Tawar, Aceh Province, Indonesia.  Abstrak Seminar Nasional Ikan ke-6 tahun 2010.

Prosiding:

Muchlisin, Z.A. 2011. Spawning sites of the depik (Rasbora tawarensis) in Lake Laut Tawar, dalam Prosiding Annaual International Conference, Banda Aceh 28-30 November 2011, hal 127-132.

Online/internet:

Muchlisin, Z.A. 2011. Ikan di danau Laut Tawar diserang alien.http://www.lintasgayo.com/1834/save-our-self-sos-ikan-di-lut-tawar-diserang-alien.html. Akses tanggal 12 Desember 2012.

Naskah yang telah selesai direview dan siap dipublikasi akan langsung di onlinekan secara bertahap mulai awal periode penerbitan dan percetakan (hard copy) akan dilakukan pada akhir periode penerbitan (April, Agustus dan Desember). Naskah hasil penelitian ditulis maksimal 12 halaman template siap cetak, termasuk gambar dan tabel. Nama organisme (Indonesia/daerah) yang tidak umum dikenal harus diikuti nama ilmiahnya pada pengungkapan pertama kali. Selanjutnya penulisan nama ilmiah dengan menyingkat nama genus diikuti nama spesies secara penuh.


Vol 3, No 1 (2014): Vol 3, Nomor 1, Tahun 2014

Table of Contents

Articles

Kondisi perairan dan struktur komunitas makrozoobentos di Sungai Belumai Kabupaten Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara PDF
Erni Dian Fisesa, Isdradjad Setyobudiandi, Majariana Krisanti


DEPIK JURNAL IS INDEXED BY