Pelabuhan Indonesia sebagai Penyumbang Devisa Negara dalam Perspektif Hukum Bisnis

elfrida gultom

Abstract


Tujuan pokok setiap pelabuhan, memenuhi kebutuhan para pelanggan pelabuhan. Secara umum, para pelanggan jasa pelabuhan memerlukan fasilitas dan pelayanan untuk kapal, barang, barang, penumpang, dan transportasi darat dapat dilakukan secara efektif dan efisien. Jadi terdapat suatu keterkaitan yang erat antara pelabuhan dan kapal-kapal sebagai pengguna jasanya, karena pelabuhan merupakan lingkungan kerja dimana kapal-kapal dapat berlabuh dengan aman dan murah, terhindar dari bahaya-bahaya yang mengancam kapal yang ditimbulkan oleh gelombang, angin dan sebagainya, dalam melaksanakan kegiatan bongkar barang, hewan dan penumpang. Suatu pelabuhan dapat dikatakan efektif dan efisien apabila kapal tidak menunggu lama di laut, dapat melakukan bongkar muat dengan cepat dan lancar serta didukung dengan fasilitas peralatan atau sarana dan prasarana yang memadai, karena hal tersebut sangat penting bagi perusahaan pelayaran. Sudah menjadi kewajiban pelabuhan untuk menyumbang-kan devisa bagi Negara.

 

Indonesian Ports as a Country Devised in Business Legal Perspective

 

The main goal of each port, meeting the needs of port customers. In general, port service customers need facilities and services for ships, goods, goods, passengers, and land transport can be done effectively and efficiently. Thus there is a close connection between the port and the ships as its service users, since the port is a working environment where ships can be docked safely and cheaply, avoiding the dangers that threaten the vessel caused by waves, winds and so forth, in carry out unloading activities of goods, animals and passengers. A port can be said to be effective and efficient if the ship does not wait long in the sea, can perform loading and unloading quickly and smoothly and supported by facilities equipment or facilities and adequate infrastructure, because it is very important for shipping companies. It is the duty of the port to contribute foreign exchange to the State.


Keywords


pelabuhan indonesia; penyumbang; devisa; negara; port of indonesia; donors; foreign exchange; state.

Full Text:

PDF

References


Abas Salim, 2006, Manajemen Transportasi, PT Rajagrafindo Persada, Jakarta.

Adam Lestariono, Tinjauan dan Permasalahan Indikator Kinerja Pelabuhan, Seminar Sehari: Tolok Ukur Kinerja Fasilitas Pelabuhan, Fakultas Teknologi Kelautan ITS Kerjasama dengan DepHub, Surabaya.

Adris A Putra dan Susanti Djalante, 2011, Pengembangan Infrastruktur Pelabuhan Dalam Mendukung Pembangunan Yang Berkelanjutan, Jurnal Ilmiah Media Enggineering, Volume 6, Nomor 1.

Aulia, Pelabuhan Laut Indonesia, https://id.scribd.com/document/348985392/Pelabuhan-Laut-Indonesia, diakses pada tanggal 30 September 2017.

Benny Agus Setiono, 2010, Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Pelabuhan, Jurnal Aplikasi Pelayaran dan Kepelabuhanan, Volume 1, Nomor 1.

Eddy Suryanto Soegoto, 2013, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pelabuhan Di KTI Disinggahi Armada Perintis, Majalah Ilmiah Unikom, Volume 7, Nomor. 1.

F.D.C. Sudjatmiko, 1985, Pokok-Pokok Pelayaran Niaga, Cendana Press.

Henrikusgalih, Pengaruh Adanya Pelabuhan Terhadap Kemajuan Ekonomi Suatu Negara, https://henrikusgalih.wordpress.com/2012/10/09/pengaruh-adanya-pelabuhan-terhadap-kemajuan-ekonomi-suatu-negara/ , diakses pada tanggal 28 September 2017.

H.A. Abbas Salim, 1993, Manajemen Transportasi, Radja Grafindo Persada, Jakarta.

Iswanto, 2016, Bongkar Muat Barang Di Pelabuhan Intensitas Dan Aktivitas Suatu Tinjauan Empirik, Bahari Jogja, Volume XIV, Nomor 23.

Johny Ibrahim, 2010, Teori dan Metodologi Penelitian Hukum Normatif, Bayumedia Publishing.

Kemenperin, Menurunkan Waktu Tunggu, http://kemenperin.go.id/artikel/9679/Menurunkan-Waktu-Tunggu, diakses pada tanggal 30 September 2017.

Laode Kamaludin, 2003, Pembangunan Ekonomi Maritim, Andi, Jakarta.

Mudrajad Kuncoro, 2003, Ekonomi Pembangunan: Teori, Masalah dan Kebijakan, UPP AMP YKPN, Yokyakarta.

Pelni, Privatisasi dan Pasca Privatisasi, PT (Persero) Pelabuhan Indonesia III, Surabaya.

Pius Honggo Wijoyo, 2013, Landasan Konseptual dan Perencanaan, Terminal Penumpang Kapal Laut Pelabuhan “Harbour Bay” Pulau Batam, Jurnal Universitas Atmadjaya Yogyakarta.

Referensi Kepelabuhanan, 2000, Alat Bantu Navigasi, Pelabuhan Indonesia, Jakarta.

R.V. Martono, Mengenal Konsep Tol Laut dalam Mengurangi Biaya Logistik Indonesia. SWA Online, Http://swa.co.id/swa/my-article/mengenal-konsep-tol-laut-dalam-mengurangi-biaya-logistik-indonesia(24 September 2016), Diakses Tanggal 30 September 2017.

Sapto Sardjono, 1991, Hukum Dagang Laut Bagi Indonesia, Simplex, Jakarta.

Soedjono Kramadibrata, 1985, Perencanaan Pelabuhan, Ganeca Exact, Bandung.

Sondang P Siagian, 2002, Kiat Meningkatkan Produktivitas Kerja, Rineka Cipta, Jakarta.

Steffi Seline Ginting, et.al, 2016, Menuju Good Governance dalam Pelaksanaan Rekomendasi Ombudsman Republik Indonesia (Studi Kasus Dwelling Time di 4 (empat) Pelabuhan Indonesia, USU Law Jurnal, Volume 4, Nomor 3.

Sulistyowati dan Sidharta, 2013, Metode Penelitian Hukum (Konstelasi dan Refleksi), Yayasan Obor Indonesia, Jakarta.

The Centre For Advanced Maritime Studies, 1999, Port State Control Course, PT. Trimitra Konsulindotama, Jakarta.

Wiwoho Soedjono, 1983, Sarana-Sarana Penunjang Pengangkutan Laut, Aid to Navigation, Bina Aksara, Jakarta.

Yaya Nindra Purwanto, Kompasiana, Dampak Tol Laut Jokowi Bagi Industri Kapal Indonesia, https://www.kompasiana.com/yayanindrapurwanto/dampak-tol-laut-jokowi-bagi-industri-kapal-indonesia_55b8841a397b61052093ab2c, diakses pada tanggal 30 September 2017.




DOI: https://doi.org/10.24815/kanun.v19i3.8593

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


KANUN

Jurnal Ilmu Hukum

 

ISSN (Print): 0854 – 5499

ISSN (Online): 2527 – 8428

 

Redaksi Kanun: Jurnal Ilmu Hukum

Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala

Jl. Putroe Phang No. 1

Darussalam, Banda Aceh 23111

Telp. (0651) 7552295; Faks. (0651) 7552295

E-mail: kanun.jih@unsyiah.ac.id

Website: http://jurnal.unsyiah.ac.id/kanun

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.