Pengaruh Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMA Berbasis Gender

Maryanti Maryanti, Laila Qadriah

Abstract


Pembelajaran kontekstual merupakan sebuah konsep pembelajaran yang membantu guru mengkaitkan antara materi yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata dan mendorong pemelajar membuat hubungan antara materi yang diajarkannya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat. Kemampuan koneksi matematis yaitu meliputi mencari hubungan antar topik matematika, hubungan matematika dengan mata pelajaran lain dan hubungan matematika dengan kehidupan sehari-hari atau dunia nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : ada atau tidak ada perbedaan kemampuan koneksi matematis kelompok siswa yang menggunakan pembelajaran matematika kontekstual dengan kelompok siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional; mengetahui ada atau tidak ada perbedaan kemampuan koneksi matematis  antara kelompok siswa laki-laki dengan kelompok siswa perempuan baik kelas eksperimen maupun kelas kontrol; ada atau tidak ada pengaruh pembelajaran matematika kontekstual terhadap kemampuan kemampuan koneksi matematis siswa SMA berbasis gender. Penelitian yang digunakan adalah penelitian menggunakan desain faktorial yang merupakan modifikasi dari design true experimental. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Sigli. Teknik pengambilan data menggunakan tes kemampuan koneksi matematis siswa laki-laki dan perempuan melalui pendekatan kontekstual yang berupa soal yaitu pretes dan postes yang dilakukan sebelum dan sesudah diberikan pembelajaran di kelas eksperimen. Teknik analisis data menggunakan Analisis of Varians (Anova) setelah memenuhi uji prasyarat parametris (normalitas dan homogenitas), dengan bantuan program perhitungan SPSS 17.0 for windows.

Keywords


Pembelajaran Kontekstual, Kemampuan Koneksi Matematis, Gender

Full Text:

PDF

References


Astuti, Dwi., dan Zubaidah. (2007). Pengembangan Model Pembelajaran yang Berorientasi Contextual Open-Ended Problem Solving untuk Meningkatkan Koneksi Matematika Siswa dalam Pembelajaran Matematika di SMA. Pontianak: Universitas Tanjungpura, Laporan Penelitian.

Elanie. B Johnson. (2010). Contextual Taeaching and Learning. Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung: Kaifa.

KEMENDIKBUD. (2013). Modul Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 SMP/MTs Matematika. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kementrian Kebudayaan dan Pendidikan.

Kusuma, D. A. (2008). Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematik dengan Menggunakan Pendekatan Kontruktivisme. [Online]. Tersedia : http://pustaka.unpad.ac.id/wpcontent/uploads/2014/06/meningkatkan-kemampuan-koneksi-matematik.pdf diakses pada tanggal 20 Maret 2014

Lestari, N.D.F. 2010. Profil Pemecahan Masalah Matematika Open-Ended Siswa Kelas V Sekolah Dasar Ditinjau dari Perbedaan Gender dan Kemampuan Matematika. Tesis. Surabaya: Unesa.

Satriawati, Gusni, dan Kurniawati, Lia. (2008). Menggunakan Fungsi-fungsi untuk Membuat Koneksi-koneksi Matematik. Algoritma Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol.3 No. 01 Juni.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Cet VII. Bandung: Alfabeta.

Sundayana, R. (2010). Statistika Penelitian Pendidikan. Garut: STKIP Garut Press.

TIMSS. (2008). TIMSS 2007 International Report Finding from IEA’s Trends in International Mathematics and Science Study at The Fourth and Eighth Grade. Lynch School of Education, Boston Collenge: TIMSS & PIRLS International Study Center.

Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Yuniawatika (2011) Penerapan Pembelajaran Matematika dengan Strategi REACT untuk Meningkatkan kemampuaan Koneksi dan Reprentasi siswa Sekolah Dasar. http://repository.upi.edu/disertasiview.php?no_disertasi=269.




DOI: https://doi.org/10.24815/jp.v6i2.12727

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Peluang

ISSN 2302-5158 (print) 2685-1539 (online)


Organized by Program Studi S1 Pendidikan Matematika, FKIP Unsyiah
Published by Universitas Syiah Kuala 
Website : http://jurnal.unsyiah.ac.id/peluang/
Email     : jurnal.peluang@unsyiah.ac.id