Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Macromedia Flash 8
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Afgani, J. (2011). Analisis Kurikulum Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.
Andriani, Ikhsan, M., & Anshari, B. I. (2016). Peningkatan kemampuan pemahaman matematis dan motivasi siswa SMP melalui Model Missouri Mathematics.
Arsyad, A. (2000). Media Pengajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Darkasyi, M., Johar, R., & Ahmad, A. (2014). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Motivasi Siswa dengan Pembelajaran Pendekatan Quantum Learning pada Siswa SMP Negeri 5 Lhoksemawe. Jurnal Didaktik Matematika, 1(1), 21- 34.
Djamarah, S. B. (2000). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Effendi, A., L. (2012). Pembelajaran Matematika Dengan Metode Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(2), 1-10.
Fadlelmula, F. K., Cakiroglu, E., & Sungur, S. (2015). Developing A Structural Model On The Relationship Among Motivational Beliefs, Self-Regulated Learning Strategies, And Achievement In Mathematics. International Journal of Science and Mathematics Education, 13(6), 1355-1375.
Fuadi, F., Johar, R., & Munzir, S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematis melalui Pendekatan Kontekstual. Jurnal Didaktik Matematika. 3(1), 47-54.
Hamalik, O. (1986). Media Pendidikan. Bandung: PT Citra Aditya Bakti.
Lestari., & Yudhanegara. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.
Kusumadewi, O. N., Mariani, Sc., Susuilo, B. E. (2013). Keefektifan CTL Berbantuan Macromedia Flash Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Segiempat. Jurnal Kreatif-Inovatif, 4(1), 57-63.
Kompas. (5 Desember 2015). Skor PISA: Posisi Indonesia Nyaris Jadi Juru Kunci, Kemampuan Matematika dan Sains di Urutan ke 64dari 65 Negara. Diakses pada tanggal 25 Februari 2016, dari http://www.kompertis12.or.id/2013/12/05/skor-pisa-posisi-indonesia-nyaris-jadi-juru-kunci.
Major, T. E. and Mangope, B. (2012). The Contructivist Theory in Mathematics: The Case of Botswana Primary Schools. Internasional Review of Social Sciences and Humanities. 3(2), 139-147.
Meyer, M. (2010). A Logical View for Investigating and Initiating Processes of Discovering Mathematical Coherences. ZDM Mathematics Education. 74(2), 30-42.
National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principles and Standards for School. USA: NCTM
Nilawasti, Z. A., Suherman., & Noris P. U. (2013). Penggunaan Macromedia flash 8 pada Pembelajaran Geometri Dimensi Tiga.Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung.
Nur, M. (2011). Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Kementerian Pendidikan Nasional. UNESA. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, N. (1997). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Sinar Baru Algensindo.
Yusnawan, P. A. (2013). Penerapan Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Materi Gradien di Kelas VIII SMP Negeri 9 Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako. 1(1), 76-86.
Zahner, W., Velazquez, G., Moschkovich, J., Vahey, P., & Lara-Meloy, T. (2012). Mathematics Teaching Practices with Technology that Support Conceptual Understanding For Latino/a Students. Journal of Mathematical Behavior. 3(1), 431-446.
DOI: https://doi.org/10.24815/jp.v7i1.13738
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Peluang
ISSN 2302-5158 (print) 2685-1539 (online)
Organized by Program Studi S1 Pendidikan Matematika, FKIP Unsyiah
Published by Universitas Syiah Kuala
Website : http://jurnal.unsyiah.ac.id/peluang/
Email : jurnal.peluang@unsyiah.ac.id