Tingkat Berpikir Kreatif Siswa dalam Pemecahan dan Pengajuan Masalah Matematika melalui Tipe Soal Open Ended di SMP
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2003). Dasar dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Anggraeny, B.D, dan Siswono, T.Y.E. (2012). Identifikasi Tingkat Berpikir Kreatif Siswa Menggunakan Multiple Solution Task (MST). Jurnal Imiah Pendidikan Matematika. 3(3).
Hakim, F. (2014). Identifikasi Tingkat Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII-A SMP Negeri 1 Sumobito Melalui Pemecahan Masalah tipe Multiple Solution Task. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. 3(3), 55-62.
Hurlock, E. B. (1999). Perkembangan Anak Jilid 2. Jakarta: Penerbir Erlangga.
Haylock, D. (1997). Recognising Mathematical Creativity in Schoolchildren. ZDM Mathematics Education. 29 (3).
Krutetskii. V. A (1976). The Psychology of Mathematical Abilities in Schoolchildren. Chicago: The University of Chicago Press.
Kemendikbud. (2013). Kurikukum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Livne, N. L. (2008). Enhanching Mathematical Creativity through Multiple Solution to Open-Ended Problems. Diakses pada tanggal 7 Desember 2015, dari https://www.researchgate.net/publication/228862669.
Munandar, U. (2012). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta : Rineka Cipta.
McGregor, D. (2007). Developing Thinking Developing Learning. Poland: Open University Press.
Mahmudi, A. (2010). Mengukur Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Makalah Disajikan Pada Konferensi Nasional Matematika XV, UNIMA Manado, 30 Juni – 3 Juli 2010.
______ . (2008). Mengembangkan Soal Terbuka (Open Ended) dalam Pembelajaran Matematika. Seminar nasional matematika dan Pendidikan matematika UniversitasYokyakarta, Jumat, 28 November 2008, h. 12.
Nohda, N. (2008). A Study of “Open-Approach” Method in School Mathematics Teaching – Focusing On Mathematical Problem Solving Activities. Diakses tanggal 15 Desember 2015, dari http://www.nku.edu/~sheffield/nohda.html.
Pehkonen, E. (1997). The State-of-Art in Mathematical Creativity. ZDM Mathematics Education. 3(4), 9-23.
Rahmatina, S., Sumarmo, U., Johar, R. (2014). Tingkat Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif. Jurnal Didaktik Matematika. 1(1), 62-70.
Siswono, T. E. Y. (2011). Level of student’s creative thingking in Clasroom Mathematics. Journal Mathematics Education 6 (7): 548-553.
______ . (2008). Model Pembelajaran Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Surabaya: Unesa University Press.
______ . (2010). Leveling Students’ Creative Thinking Solving and Posing Mathematical Problem. IndoMS. J.M.E. 1 (1), 17-40.
Solso, R. L. (1995). Cognitive Psychology. Needham Heigts, MA: Allyn & Bacon.
Selter, C. (2009). Creativity, Flexibility, Adaptivity, and Strategy Use in Mathematics. ZDM Mathematics Education.41:619–625.
Silver, E.A. (1997). Fostering Creativity Through Instruction Rich in Mathematical Problem Solving and Problem Posing. ZDM – The Journal International Mathematics Education. 29 (3), 75–80.
Tridhonanto, Al, dan Agency, B. (2013). Pola Asuh Kreatif. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Turmudi. (2009). Pemecahan Masalah Matematika. Seminar Pengembangan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah di UIN Ar-Raniri Banda Aceh, 27 – 29 Juli 2009, h. 8.
Wulansari, A., Johan, A., Kurniasari, I. (2014). Identifikasi Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP Dalam Memecahkan Masalah Open-ended. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. 3(1), 46-49.
DOI: https://doi.org/10.24815/jp.v7i1.13741
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Peluang
ISSN 2302-5158 (print) 2685-1539 (online)
Organized by Program Studi S1 Pendidikan Matematika, FKIP Unsyiah
Published by Universitas Syiah Kuala
Website : http://jurnal.unsyiah.ac.id/peluang/
Email : jurnal.peluang@unsyiah.ac.id