Upaya Guru Mengembangkan Karakter Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pembelajaran Matematika
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Hamalik, O. (2008). Psikologi belajar dan mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Horng, J.S., Jon-Chao, H., Lih-Juan, C., et al. (2005). Creative teachers and creative teaching strategies. [Versi elektronik]. International Journal of Consumer Studies, 29, 4 July 2005, 352-358.
Jamiah, Y. (2011). Internalisasi nilai-nilai berpikir kritis melalui pengembangan model pembelajaran konsep matematika kreatif pada pendidikan anak usia dini. pendidikan karakter: Nilai inti bagi upaya pembinaan kepribadian bangsa. Bandung: Widya Aksara Press.
Mahmudi, A. (2010). Mengukur kemampuan berpikir kreatif matematis. Makalah, disajikan pada Konferensi Nasional Matematika XV UNIMA Manado, 30 juni-3 juli 2010. Diakses pada tanggal 14 Februari 2016 dari, http:// staff.uny.ac.id.
Munandar, U. (1999). Mengembangkan bakat dan kreativitas anak. Jakarta: PT Gramedia.
NCTM. (1989). Curriculum and evaluation standards for school mathematics. Reston, USA.
Prihandoko, A.C. (2006). Pemahaman dan penyajian konsep matematika secara benar dan menarik. Jakarta: Depdiknas.
Rochmad. (2013.) Keterampilan berpikir kritis dan kreatif dalam pembelajaran matematik. Diakses pada tanggal 20 Januari 2016, dari https://www.academia.edu/6342762/KETERAMPILAN_BERPIKIR_KRITIS_DAN_KREATIF_DALAM_PEMBELAJARAN_MATEMATIKA.
Setyaningsih, E. (2012). Kepedulian guru dalam menanamkan karakter peserta didik pada pembelajaran matematika. Prosiding, Makalah dipresentasikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika dengan tema ” Kontribusi Pendidikan Matematika dan Matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa" pada tanggal 10 November 2012 di Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY. ISBN : 978-979-16353-8-7 diakses pada tanggal 24 Februari 2012 dari, http://eprints.uny.ac.id/7561/1/P%20-%2029.pdf.
Siswono, T.Y.E. (2005). Upaya meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui pengajuan masalah. Jurnal terakreditasi “Jurnal pendidikan matematika dan sains, FMIPA UNY Tahun X, No 1, Juni 2005. ISSN 1410-1866, hal 1-9.
Yaumi, M. (2012). Pembelajaran berbasis multiple intelligences. Jakarta: PT. Dian Rakyat.
Zubaedi. (2011). Desain pendidikan karakter. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
DOI: https://doi.org/10.24815/jp.v7i1.13752
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Peluang
ISSN 2302-5158 (print) 2685-1539 (online)
Organized by Program Studi S1 Pendidikan Matematika, FKIP Unsyiah
Published by Universitas Syiah Kuala
Website : http://jurnal.unsyiah.ac.id/peluang/
Email : jurnal.peluang@unsyiah.ac.id