PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA PADA MATERI OPERASI HITUNG KELAS IV SD KARTIKA BANDA ACEH

Ramlah .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar, aktivitas siswa, dan aktivitas guru, dalam proses pembelajaran melalui penggunaan model pembelajaran problem solving dalam pembelajaran matematika materi operasi hitung bilangan. Subjek penelitian adalah siswa IV SD Kartika Banda Aceh sebanyak 19 orang, terdiri atas 9 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan serta 1 orang guru sebagai pengamat, sedangkan objek penelitian adalah penerapan problem solving untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan tes. Dari hasil analisis didapatkan bahwa Pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh siswa sebesar 70,53 dan siswa yang tuntas dalam proses pembelajaran sebanyak 13 siswa (68,42%) dan siswa yang tidak tuntas 6 orang (31,58%). Pada siklus II nilai rata-rata siswa tercapai sebesar 78,42 siswa yang tuntas mengikuti proses pembelajaran sebanyak 18 orang siswa (94,74%). Sedangkan siswa yang tidak tuntas hanya 1 orang (5,26%). Aktivitas guru mengalami peningkatan dari siklus I sampai ke siklus II. Hal ini dapat dilihat dari skor rata-rata pada siklus I yang diperoleh sebesar 3,92 dan pada siklus II mencapai skor rata-rata sebesar 4,63. Aktivitas siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai ke siklus II. Hal ini dapat dilihat dari skor rata-rata pada siklus I yang diperoleh sebesar 3,3 sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 4,2.
Kata Kunci: Pembelajaran Problem Solving, Operasi Hitung


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.