Pembelajaran IPS untuk SD/MI di tengah Pandemi COVID-19 dalam Daring/Luring di MI AT-Taubah

Mohammad Imam Sufiyanto, Roychan Yasin

Abstract


Sejak bulan Maret 2020 telah diberlakukan pembelajaran dari rumah. Guru juga melakukan pembelajaran dari rumah (teaching from home) dan pandemi Covid-19 telah mengubah paradigma pembelajaran di kelas. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui bagaimana pembelajaran IPS untuk SD/MI ditengah pandemi baik dalam daring/luring pada sekolah MI AT-Taubah di Kabupaten Sampang. Metode dalam Penelitian ini menggunakan  kualitatif dengan pendekatan penelitian phenomenologi, namun demikian pelaksanaan pembelajaran daring dan luring memiliki tantangan/kendala baik dari aspek sumber daya manusia maupun dari sarana dan prasarana. Pada pembelajaran yang diterapkan baik luring dan daring, pada MI At-taubah lebih sering menggunakan metode luring, karna lebih efektif apalagi di pembelajaran. Kendala yang di alami saat ini yaitu jika menerapkan metode daring untuk di daerah pelosok yang sulit akan kuota dan jaringan. Sebagian dari orang tua murid tidak memiliki WA, akan tetapi sekolah mengupayakan untuk membuat group via WAG bagi kelas tinggi dan alhamdulillah berjalan dengan normal, jika untuk kelas rendah tidak cukup efektif.


Full Text:

PDF

References


Basrowi dan Suwandi. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Emzir.(2017). Metodelogi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: Rajawali Pers.

Gunawan, Imam. (2017). MetodePenelitianKualitatifTeori&Praktik. Jakarta: BumiAksara.

Satori, Djam’an dan Aan Komariyah. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif , hlm. 129.

MUSTARI, F. (2019). Aplikasi Absensi Guru Pada Sekolah Berbasis Android (Studi Kasus Smp Negeri 1 Bulukumba). Kemampuan Koneksi Matematis (Tinjauan Terhadap Pendekatan Pembelajaran Savi), 53(9), 1689–1699.

Usman. (2018). Pembelajaran Daring dimasa Pandemi pada Pembelajaran IPS pada SD. Surabaya: Paramita.

Rohimah, M. P. (2019). Identifikasi Pembelajaran IPS pada MI. Cendekia: Journal of Education and Society, 13(2), 309. https://doi.org/10.21154/cendekia.v13i2.251

Zuriah, Nurul. (2018). Metodolobgi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.24815/jr.v4i2.21046

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

 

Riwayat: Educational Journal of History and Humanities

Lantai 1 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala.                                                                                  Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee, Kopelma Darussalam,                                                                                                                            Kec. Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, Aceh 24415.


riwayat@unsyiah.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.