Efektivitas Penggunaan Srategi Pembelajaran Aktif Tipe Peer Lesson terhadap Keaktifan Belajar Sejarah Siswa Kelas XI SMA Negeri 10 Aceh Barat Daya

Isaleha Isaleha, Nurasiah Nurasiah, Sufandi Iswanto

Abstract


Latar belakang masalah dalam penelitian ini ialah karena lemahnya keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran sejarah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan strategi pembelajaran aktif tipe Peer lesson terhadap keaktifan belajar sejarah siswa kelas XI SMA  Negeri 10 Aceh Barat Daya dan mengetahui respon siswa terhadap penggunaan strategi tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen dengan desain one shoot case study. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 10 Aceh Barat Daya yang berjumlah 105 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampelnya adalah kelas XI IPS 2 yang terdiri dari 25 siswa. Teknik pengumpulan yang digunakan yaitu observasi, Angket dan Tes soal. Sedangkan teknik analisis data adalah analisis data Statistika Deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data bahwa penggunaan strategi pembelajaran aktif tipe Peer lesson efektif meningkatkan keaktifan belajar sejarah siswa. Hal ini diketahui melalui data dari lembar observasi yang berada pada kecenderungan 83  60 + 1. 33  73,3 yang masuk kedalam kategori sangat tinggi. Berdasarkan nilai yang didapat dari Tes soal, sebanyak 11 siswa mampu mencapai nilai kriteria ketuntasan (KKM) sebesar 75 dan nilai ketuntasan klasikal sebesar 84. Respon siswa berada pada kategori yang baik, ada lebih banyak siswa yang menjawab pilihan “Sangat Setuju” dan “Setuju”dan memiliki jumlah nilai yang lebih besar dari pilihan yang lain.


Full Text:

PDF

References


Asiah, N. (2017). Analisis Kemampuan Praktik Strategi Pembelajaran Aktif ( Active Learning ) Mahasiswa PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Raden Intan Lampung. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 4(1), 20–33.

Azis, A., Nurasiah, N., & Munira, W. (2018). Korelasi antara: Kesadaran Sejarah, Religious Values dan Pemahaman Multi-Etnis terhadap Sikap Toleransi siswa SMA N Banda Aceh. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 10(2). https://doi.org/10.30599/jti.v10i2.236

A. Azis, H. Joebagio, and Sudiyanto, Correlation between: Understanding of nationalism and historical consciousnesstoward students’ democratic attitude in Banda Aceh senior high school,’’ International Journal of Multicultural and Multireligious Understading, vol. 5, no. 3, pp. 60-71,2018

Garraghan, J.R. (1957). A Guide Historical Method. New York: Fordham University

Hilgard, E.R.(1962). Introduction to Psychology. New York: US/Mountain

Kurniawati, C. (2017). Pengaruh Keaktifan Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa kelas VIII SMP Kanisius Kalasan Pada Topik Bahasan Operasi Aljabar Menggunakan Model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw II Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi.

Maharani, C., Kusmarni, Y., & Kurniawati, Y. (2018). Penggunaan Strategi Pembelajaran Peer lesson Untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Siswa Dalam Pembelajaran Sejarah (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas X MIA 7 SMA Negeri 2 Cimahi). FACTUM: Jurnal Sejarah dan Pendidikan Sejarah, 7(1).

Nurasiah, N., Azis A., Munira W. (2018). The correlation between: awareness of history, religious values and multiethnic understanding with tolerance attitude. Paramita: Historical Studies Journal, 29(1), 10-17. https://doi.org/10.15294/paramita.v29i1.14861

Pane, A., & Darwis D, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 3(2), 333.

Priansa, D. J. (2017). Pengembangan Strategi & Model Pembelajaran. Inovatif, Kreatif, Dan Presentatif Dalam Memahami Peserta Didik (ke-1). Bandung: Pustaka Setia.

Purwoko, Agung. (2001). Kegiatan Belajar Mengajar. Semarang :UNNES Press.

Relita, D. T., Marganingsih, A., & Ilhayati, U. N. (2017). Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Peer Lesson Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 4 (2), 12.

Rohmawati, A. (2015). Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 15–32.

Silberman, M. (2007). Active Learning: 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Bandung: Nusa Media

Sudjana, Nana. (2009) Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Rosdakarya

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuanttitatif Kualitatif Dan R&D (ke-12). Bandung: Alfabeta

Tazminar. (2015). Meningkatkan Keaktifan Belajar dan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Examples Non Examples. JUPENDAS, 2(1), 45–57.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Warsono, & Hariyanto. (2012). Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Zaini, H. (2016). Strategi Pembelajaran Aktif. Yokyakarta: Pustaka Insan Madani




DOI: https://doi.org/10.24815/jr.v4i2.21696

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

 

Riwayat: Educational Journal of History and Humanities

Lantai 1 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala.                                                                                  Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee, Kopelma Darussalam,                                                                                                                            Kec. Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, Aceh 24415.


riwayat@unsyiah.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.