Pengaruh Strategi Inquiring Minds Wont To Know dengan Gallery Learning terhadap Prestasi Belajar Sejarah Siswa Kelas X SMAN 2 Simeulue Barat

Ela Satria, Muhjam Kamza

Abstract


Penelitian ini adalah apakah strategi belajar inquiring mind want to know berpengaruh terhadap prestasi belajar sejarah siswa kelas X IPA di SMAN 2 Simeulue Barat, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh strategi belajar inquiring mind want to know dengan gallery learning terhadap prestasi belajar sejarah siswa kelas X IPA di SMAN 2 Simeulue Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan Jenis penelitian eksperimen. Adapun yang dijadikan sebagai populasi adalah seluruh siswa kelas X IPA di SMAN 2 Simeulue Barat yang terdiri dari dua kelas yang membuka 40 orang, X-IPA2 sebagai kelas eksperimen dan X-IPA1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tes dan dokumentasi. hasil Berdasarkan penelitian diketahui bahwa (1) secara homogenitas kedua kelas yang dijadikan sampel bersifat homogen. Hasil ini dapat diketahui dari hasil uji homogenitas varians dengan hasil penelitian Fhitung < Ftabel atau 1,32 < 2,15 (2) untuk normalitas eksperimen diperoleh bahwa x2hitung < x2tabel atau 3,03 < 16,9 sedangkan uji normalitas kelas kontrol diperoleh x2hitung < x2tabel atau 3,57 < 16.9, dapat dikatakan kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal (3) hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t dan diperoleh nilai thitung = 2,59 dan nilai ttabel pada taraf signifikan = 0,05 dengan dk = 38 adalah 1,68 dengan Kriteria pengujian, maka Ha diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses belajar mengajar dengan menggunakan strategi inquiring mind want to know dengan galeri pembelajaran menunjukkan hasil penelitian yang lebih baik.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Metode penelitian pendidikan: pendekatan kualitatif, kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabet.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur penelitian (suatu pendekatan praktik). Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Azis, A., Nurasiah, N., & Munira, W. (2018). Korelasi antara: Kesadaran Sejarah, Religious Values dan Pemahaman Multi-Etnis terhadap Sikap Toleransi siswa SMA N Banda Aceh. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 10(2). https://doi.org/10.30599/jti.v10i2.236

A. Azis, H. Joebagio, and Sudiyanto, Correlation between: Understanding of nationalism and historical consciousnesstoward students’ democratic attitude in Banda Aceh senior high school,’’ International Journal of Multicultural and Multireligious Understading, vol. 5, no. 3, pp. 60-71,2018.

Endarwanto, Primajati dan Nursa’ban. M. 2012. Penerapan Model Inquiring Minds Want To Know Untuk Meningkatkan Minat Belajar IPS Siswa Kelas IXB SMP N 16 Yogyakarta. Ejournal Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta. (online), Vol. 1, Edisi IV, (http://journal.student.uny.ac.id/jurnal/artikel/7491/39/189, diakses pada tanggal 5 mei 2019).

Fauzi, dkk. 2019. Kemampuan Penalaran dan Pemecahan Masalah Melalui Model Collaborative dan Strategi Inquiring Mind Want To Know Pada Materi Matematis Statistika Kelas VIII. Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran (JP3), (online), Vol 14, No. 6, (http://www.riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/3748, Diakses pada tanggal 10 februari 2020 ).

Mardapi, Djemari. 2012. Pengukuran Penilaian & Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Nuh Medika.

Melvin. 2010. 101 strategi pembelajaran aktif. Yogyakarta: Yappendis.

Nurasiah, N., Azis A., Munira W. (2018). The correlation between: awareness of history, religious values and multiethnic understanding with tolerance attitude. Paramita: Historical Studies Journal, 29(1), 10-17.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: PT Tarsiti Bandung.

Sugiyono. 2012. Metode penelitian pendidikan: pendekatan kualitatif, kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabet.

Syah, Muhibbin. 2013. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja.




DOI: https://doi.org/10.24815/jr.v4i2.21917

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

 

Riwayat: Educational Journal of History and Humanities

Lantai 1 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala.                                                                                  Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee, Kopelma Darussalam,                                                                                                                            Kec. Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, Aceh 24415.


riwayat@unsyiah.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.