Penerapan layanan konseling kelompok dalam mengembangkan kemampuan social siswa di SMA Negeri Se-Kota Banda Aceh

Irma Yani, Nurhasanah Nurhasanah, Dahliana Abd.

Abstract


Abstract: Group counseling service is one of the programs in the school education system that can help problems or difficulties experienced by students. Group counseling services are carried out as a way to facilitate the realization of changes in individual behavior in a good direction, and try to help individuals know and positively accept every strength and weakness in themselves. Therefore this service is expected to be able to support the development process of students' social abilities in interacting with their environment. This study aims to determine the application of group counseling services in developing students' social abilities. The population in this study were all the counseling teachers of State Senior High Schools throughout Banda Aceh, totaling 36 counseling teachers. The determination of the sample in this study is a saturated sampling method. This study uses descriptive quantitative methods. Data processing is done using percentage descriptive formula. The method of retrieving data uses the Guttman scale (yes & no). The results of this study can be concluded that the application of group counseling services in developing social skills of students in high school throughout the city of Banda Aceh is applied. It can be seen that (77.2%) the application of group counseling services has been carried out and (83.33%) BK teachers have succeeded in helping students develop social skills.

Keywords: Group Counseling Services, Social Ability

 

Abstrak: Layanan konseling kelompok merupakan salah satu program dalam sistem pendidikan disekolah yang dapat membantu masalah kesulitan-kesulitan yang dialami oleh siswa. Layanan konseling kelompok dilaksanakan sebagai suatu cara untuk memudahkan terwujudnya perubahan-perubahan tingkah laku individu atau siswa menuju ke arah yang baik, serta mengenal dan menerima secara positif setiap kekuatan dan kelemahan pada dirinya sendiri, oleh karena itu layanan ini diharapkan mampu menunjang proses perkembangan kemampuan sosial siswa dalam berinteraksi dengan lingkunagnnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan layanan konseling kelompok dalam mengembangkan kemampuan sosial siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru bimbingan konseling SMA Negeri se-kota Banda Aceh yang berjumlah 36 orang guru bimbingan konseling. Penentuan sampel  dalam penelitian ini adalah metode sampling jenuh. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan rumus deskriptif persentase. Adapun variable dari penelitian ini terdiri dari dua variable yaitu penerapan layanan konseling kelompok dan kemampuan sosial. Metode pengambilan data menggunakan skala Guttman (ya & tidak). Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan layanan konseling kelompok dalam mengembangkan kemampuan sosial siswa pada sekolah SMA Negeri se-kota Banda Aceh ada diterapkan. Hal ini dapat dilihat bahwa (77,2%) penerapan layanan konseling kelompok telah dilaksanakan dan (83,33%) guru BK yang sudah berhasil membantu siswa dalam mengembangkan kemampuan sosial.

Kata Kunci: Layanan Konseling Kelompok, Kemampuan Sosial


Full Text:

PDF

References


Anggraini, N., Husen, M., & Yahya, M. (2016). Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Etika Pergaulan Siswa SMK Negeri 1 Kluet Selatan. JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan & Konseling, 1(1).

Astuti, I. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Konseling Kelompok dengan Pendekatan Konstruktivistik. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 18(1), 1-9.

Az-Za'balawi, M. S. M. (2007). Pendidikan Remaja Antara Islam & Ilmu Jiwa. Gema Insani.

Budiaji, W. (2013). Skala pengukuran dan jumlah respon skala likert. Jurnal ilmu pertanian dan perikanan, 2(2), 127-133.

Fefriawati, R. (2010). Hubungan antara kecerdasan emosional dengan perilaku agresif remaja di SMKN 5 Padang Tahun 2010. Jurnal Universitas Andalas Padang.

Mega Ralasari, T. (2015). Upaya pengubahan perilaku membolos siswa melalui layanan konseling kelompok dengan model CBT. Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan & Konseling, 1(1).

Santrock, J. W. (2003). Perkembangan Anak (Edisi 11 Jilid 1) Jakarta: Erlangga.

Sarlito, S. W. (2005). Psikologi Sosial: Psikologi Kelompok dan Psikologi Terapan. Jakarta: Balai Pustaka.

Setiawan, M. A. (2015). Model konseling kelompok dengan teknik problem solving untuk meningkatkan self-efficacy akademik siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 4(1).

Smith, M. B. (2011). Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Terhadap Disiplin Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara. Jurnal Penelitian dan Pendidikan, 8(1), 22-32.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif. Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Winkel, W.S. (2004). Bimbingan dan Konseling di Sekolah Menengah. Jakarta: PT. Grasindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Diterbitkan Oleh:

Jurusan Bimbingan dan Konseling 

Universitas Syiah Kuala