Penerapan teknik seni berpikir kreatif teratai mekar untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa

Cut Nurul Wazna, Said Nurdin, Nurbaity Bustamam

Abstract


Abstract: Every person had different creativity, but creativity is not purely innate it can be fostered one of them by Lotus Blossom Technique. The research aims to determine the ratio of creativity in finding the idea as a research theme between the groups given Lotus Blossom Technique treatment and the un treatment group. The method used is quasi experimental research with pre-test and post-test group design. Data collection techniques in this research in the form of a questionnaire scale. Data analysis technique with sign test. Its population is students 6th semester in FKIP Guidance and Counseling program of Syiah Kuala University. A total of 20 students were selected randomly to be sampled and distributed into two different groups, they are the treatment group and the comparison group. Based on the result of research, it can be concluded that there is difference of score between treatment group and comparison group. The treatment group experienced an increase in mean value (mean) is greater than the comparison group, which is 64.9 ≥ 49.1. By looking at the binominal table n = 10 and p = 0.05, the probability for X≥10 is 0,000. Since 0.000 is less than 0.05 and W = 58, it can be concluded that there is a significant creativity difference between groups using Lotus Blossom Technique versus groups that do not use the Lotus Blossom Technique.

Keywords: Creativity, Idea, Lotus Blossom Technique

 

Abstrak: Kreativitas individu berbeda-beda, namun kreativitas bukanlah murni sifat bawaan dalam diri melainkan dapat dipupuk salah satunya dengan teknik seni berpikir Teratai Mekar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kreativitas  dalam menemukan ide sebagai tema penelitian antara kelompok yang diberikan treatment Teratai Mekar dan kelompok yang tidak diberi treatment. Metode yang digunakan adalah quasi experimental research dengan pre-test dan  post-test group design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa angket berskala. Teknik analisis data dengan sign test. Populasinya adalah  semester 6 di program studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Syiah Kuala. Sebanyak 20 mahasiswa dipilih secara random untuk dijadikan sampel dan dibagikan ke dalam dua kelompok berbeda, yakni kelompok perlakuan dan kelompok pembanding. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan skor antara kelompok perlakuan dengan kelompok pembanding. Kelompok perlakuan mengalami peningkatan nilai rata-rata (mean) lebih besar dibandingkan kelompok pembanding, yaitu 64.9≥ 49.1. Dengan melihat tabel binominal n=10 dan p=0.05, probabilitas untuk X≥10 adalah 0.000. Karena 0.000 lebih kecil dari 0.05 dan W=58, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kreativitas yang signifikan antara kelompok yang menggunakan teknik seni berpikir Teratai Mekar dibandingkan  kelompok yang tidak menggunakan teknik seni berpikir Teratai Mekar.

Kata Kunci: Kreativitas, Ide, Teknik Seni Berpikir Teratai Mekar

Full Text:

PDF

References


Amelia, L. (2013). Stimulating Students Creativity In Writing By Using Lotus Blossom Technique at Firts Grade of Senior High School. Jurnal Ilmu Pendidikan, (Online), Vol.2, No.1, (http://PGRI-Sumbar.ac.id., diakses 29 November 2015).

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Azwar, S. (2010). Penyusunan Skala Psikologi. Jakarta Timur: Pustaka Pelajar.

Berry, David. 1999. Dimensi Kreatif dalam Filsafat. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Idrus, M. (2000). Kreativitas Siswa SLTPN 2 dan SLTPN 4 Kotamadya Yogyakarta. Laporan Penelitian Lembaga Penelitian Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. Diakses pada 7 Pebruari 2017.

Iskandar. (2016). Implementasi Teori Hirarki Kebutuhan Abraham Maslow Terhadap Peningkatan Kinerja Pustakawan. Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan Khizanah Al Hikmah, (Online), 4(1), 24-34. (journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/khizanah-al hikmah/article/.../1067/pdf_10., diakses pada 22 Januari 2017).

Marwiyah dkk. (2015). Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Berpikir Kreatif pada Mata Pelajaran IPA Terpadu Materi Atom, Ion, dan Molekul SMP Islam Al Falah. Edu-Sains, Vol 4: 27.

Venuvinod, P. (2004). Technology, Innovation and Entrepreneurship Part III: My Startup. Hong Kong: Kluwer Academic Publishers.

Higgins, J. M. (1996). Innovate or evaporate: creative techniques for strategists. Long Range Planning, 29(3), 370-380.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Diterbitkan Oleh:

Jurusan Bimbingan dan Konseling 

Universitas Syiah Kuala