Design of a ms sway-based e-module on hydrogen atomic spectrum matter

Ifatul Khasanah, Dea Nur Umiel Agustine, Eti Elisa, Kharisma Rafian Azis

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar fisika berupa E-modul berbasis Ms Sway  yang menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation)  dengan dilaksanakan dalam beberapa tahap, antara lain potensi dan masalah, studi literatur serta pengumpulan data dan informasi, desain E-modul, validasi desain, desain teruji, validasi produk, produk teruji. Sampel data yang digunakan pada penelitian ini yaitu sejumlah siswa kelas XII. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar formulir siswa dan lembar angket uji validasi tim ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rancangan E-modul berbasis Ms Sway yang dikembangkan termasuk kategori valid dengan desain teruji, karena mendapatkan respon positif dengan persentase uji validitas sebesar 80,5% serta memiliki tingkat efektivitas sebesar 76,6%. Berdasarkan penelitian pengembangan dan pembahasan yang dilakukan, rancangan E-modul berbasis Ms Sway pada materi spektrum atom hidrogen didapatkan hasil yang valid dan reliabel.

 

Abstract. This study aims to develop physics teaching materials in the form of an E-module based on Ms Sway. This research is a development research that uses the ADDIE development model which is carried out in several stages, including potential and problems, literature study and data and information collection, E-module design, design validation, tested design, product validation, tested product. The sample data used in this study were a number of class XII students. The instruments used in this study were student form sheets and expert team validation test questionnaires. The results showed that the Ms Sway-based E-module design that was developed was included in the valid category with a tested design, because it received a positive response with a validity test percentage of 80.5% and had a fairly high level of reliability of 0.9. Based on the development research and discussion conducted, the design of the Ms Sway-based E-module on the hydrogen atom spectrum material obtained valid and reliable results.


Keywords


Atom; E-Module; Hidrogen; Ms Sway; Research Development

Full Text:

PDF

References


Kominfo, Berita. n.d. “98 Persen Anak Dan Remaja Tahu Internet.”

Riduwan. (2009) Belajar Mudah Penelitian untuk Dosen, Karyawan dan Peneliti Muda. Bandung.

Mubarok, Ahmad, Z. Z., Ismet, & Kistiono. (2022) Pengembangan Modul Elektronik Fisika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Materi Hukum Newton. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika. 6(1): 87–98.

Nisa, H. A., Mujib, M. & Putra, R. W. Y. (2020) Efektivitas E-Modul dengan Flip PDF Professional Berbasis Gamifikasi Terhadap Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia. 5(2): 13–25.

Pujiati, A. (2019) Peningkatan Literasi Sains Dengan Pembelajaran Stem Di Era Revolusi Industri 4.0. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika. 5(1).

Rayanto, Y. H. (2020) Penelitian Pengembangan Model Addie Dan R2d2: Teori & Praktek. Lembaga Academic & Research Institute.

Rondo, Amelia, A. A., Herlina I. S., Wungouw, & Franly O. (2019) Hubungan Kecanduan Game Online Dengan Perilaku Agresif Siswa Di Sma N 2 Ratahan. Jurnal Keperawatan. 7(1): 1-8.

Anesia, R., Anggoro, B. S. & Gunawan, I. (2018) Pengembangan media komik berbasis android pada pokok bahasan gerak lurus. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education. 1(2): 149–153.

Khulsum, U., Hudiyono, Y. & Sulistyowati, E. D. (2018) Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerpen dengan Media Storyboard pada Siswa Kelas X SMA. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. 1(1): 1–12.

Nisa, H. A., Mujib, M. & Putra, R. W. Y. (2020) Efektivitas E-modul dengan Flip PDF Professional Berbasis Gamifikasi Terhadap Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia. 5(2): 13–25.

Santika, A. & Sylvia, I. (2021) Efektivitas E-Modul Berbasis Anyflip untuk Meningkatkan Kemampuan Penguasaan Materi Peserta Didik pada Materi Nilai dan Norma Sosial Kelas X di SMA N 3 Payakumbuh. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran. 2(4): 285–296.

Sulfemi, W. B. (2019) Model pembelajaran Kooperatif Mind Mapping Berbantu Audio Visual Dalam Meningkatkan Minat, Motivasi dan Hasil Belajar IPS. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia). 4(1): 13–19.

Widiastika, A. M., Hendracipta, N. & Syachruroji, A. S. (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Pada Konsep Sistem Peredaran Darah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 5(1): 47–64.

Wihartanti, L. V. & Ramadhan, P. W. (2017) Development of E-Learning Microsoft Sway as Innovation of Local Culture-Based Learning Media. Dinamika Pendidikan. 12(1): 53–60.

Winatha, K. R. (2018) Pengembangan E-modul Interaktif Berbasis Proyek Mata Pelajaran Simulasi Digital. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan. 15(2): 188–99.

Wiyono, Ketang, & Sri, Z. (2019) Pendidikan Fisika Pada Era Revolusi Industri 4. 0 Di Indonesia. In Seminar Nasional Pendidikan Program Studi Pendidikan Fisika. 1:1–14.




DOI: https://doi.org/10.24815/jacps.v11i3.26527

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED AND HARVESTED BY

    

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0).

©2020 | J. Aceh Phys. Soc. | Banda Aceh, Indonesia | www.jurnal.unsyiah.ac.id/JAcPS | E-ISSN 2355-8229

 

SERTIFIKAT-JACPS-S3-001