Fungsi Landasan Ilmiah Dalam Pendidikan Jasmani

Edy Safwan

Abstract


Pendidikan jasmani adalah disiplin yang berorientasi tubuh, di samping berorientasi pada disiplin mental dan sosial. Guru pendidikan jasmani karenanya harus memiliki penguasaan yang kokoh terhadap fungsi fisikal dari tubuh untuk memahami secara lebih baik pemanfaatannya dalam kegiatan pendidikan jasmani. Khususnya dalam masa modern dewasa ini, ketika pendidikan gerak dipandang teramat penting, pengetahuan tentang bagaimana tubuh manusia berfungsi dipandang amat krusial agar bisa melaksanakan tugas pengajaran dengan baik. Landasan dan asas merupakan hal yang sangat penting, karena pendidikan merupakan pilar utama terhadap pengembangan manusia dan masyarakatsuatu bengsa tertentu. Beberapa diantara landasan pendidikan tersebut adalah: 1. Landasan historis, 2. Landasan filosofis, 3. Landasan sosiologis, 4. Landasan kultural, 5. Landasan psikologi, 6. Landasan ilmiah dan teknologi, 7. Landasan yuridis atau hokum, dan 8. Landasan ekonomi. Dengan adanya landasan-landasan pendidikan tersebut maka akan lebih mudah menjalankan pendidikan ini jika dipahami secara keseluruhan, baik oleh pendidik maupun tenaga pendidikan.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.17529/jed.v3i1.24703

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Redaksi :

Jl. Teuku Nyak Arief No.441, Kopelma Darussalam, Kec. Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, Aceh 23111

http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JED

Creative Commons License

Jurnal Economica Didactica

by http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.