Analisis Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Berbasis Pengembangan Potensi Lokal Terhadap Peningkatan Ekonomi Masyarakat Di Kota Sabang

Irham Fahmi

Abstract


Kajian ini melihat sejauh mana potensi produk lokal di Kota Sabang mampu mempengaruhi pertumbuhan ekonomi masyarakat dan selanjutnya berdampak pada perekonomian kota Sabang. Lokasi penelitian berada di kota Sabang dengan pendekatan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pemberdayaan ekonomi berbasis potensi lokal untuk peningkatan ekonomi terdapat tiga tahapan, yaitu; tahap penyadaran, tahap, tahap pemberdayaan dan tahap capacity building dan networking, jika disesuaikan dengan hasil penelitian di lapangan, ketiga tahap tersebut sesuai dengan peningkatan produktivitas. Potensi produk lokal di Kota Sabang antara lain cengkeh, kelapa, kakao dan olahan ikan termasuk potensi wisata yang jika dilihat dari data statistik telah menggambarkan peningkatan yang sistematis dan terukur serta berkelanjutan untuk dikembangkan secara modern.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.17529/jed.v3i1.24848

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Redaksi :

Jl. Teuku Nyak Arief No.441, Kopelma Darussalam, Kec. Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, Aceh 23111

http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JED

Creative Commons License

Jurnal Economica Didactica

by http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.