EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 4 MEULABOH

Arinir Rahmi, Razali Razali, Armia Armia

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini mengkaji masalah bagaimana pembelajaran daring di SMK Negeri 4 Meulaboh berlangsung dan bagaimana tingkat efektivitas pembelajaran daring di SMK Negeri 4 Meulaboh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Populasi pada penelitian ini ialah 57 orang siswa kelas XI SMK Negeri 4 Meulaboh dan sampelnya adalah 30 orang siswa kelas XI SMK Negeri 4 Meulaboh yang bertindak sebagai responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, angket dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan menyimpulkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran daring di SMK Negeri 4 Meulaboh berjalan dengan cukup baik dan pembelajaran daring yang diterapkan kepada siswa di SMK Negeri 4 Meulaboh tidak efektif dikarenakan pencapaian rata-rata siswa pada saat pembelajaran daring sesuai dengan data nilai siswa yaitu 61,7. Hal ini tidak memenuhi KKM yang telah ditetapkan.

Kata kunci : efektivitas, pembelajaran daring

 

ABSTRACT

This study examines the problems of how online learning at SMK Negeri 4 Meulaboh takes place and  how is the level of effectiveness of online learning at SMK Negeri 4 Meulaboh. The benefit of this research is to see the effectiveness of online learning. This study uses a descriptive quantitative approach. The population in this study were 57 students of class XI of SMK Negeri 4 Meulaboh and the sample was 30 students of class XI of SMK Negeri 4 Meulaboh who acted as respondents. Data collection techniques used in this study were observation, questionnaires and interviews. Data analysis is done by reducing data, presenting data, and concluding. The results of this study indicate online learning at SMK Negeri 4 Meulaboh is running quite well and  online learning that is applied to students at SMK Negeri 4 Meulaboh is not effective because the average achievement of students during online learning is in accordance with the student score data, which is 61.7. This does not meet the KKM that has been set.

Keywords: effectiveness, online learning


References


Anshori, M & Iswati, S. (2009). Buku ajar metodologi penelitian kuantitatif. Airlangga Univeristy Press.

Imron M. A., Mukminin, A. & Hidayat, M. (2020). Efektivitas pembelajaran daring pada mata pelajaran bahasa Indonesia selama masa pandemi covid-19 di sekolah dasar. Dikdas, 5(1), 1-12.

Iswatiningsih, D., Fauzan, Dluhayati & Lestari, Y. K. (2021). Efektivitas pembelajaran bahasa Indonesia daring di masa pandemi covid-19 dalam meningkatkan kemampuan berbahasa siswa SMP. Diglosia, 5(1), 141-156.

Budiadji, W. (2013). Skala pengukuran dan jumlah respon skala likert (The measurement scale and the number of responses in likert scale). Jurnal Ilmu Pertanian dan Perikanan, 2(2), 125-131.

Damayanti, N. P. A. (2021). Efektivitas pembelajaran bahasa Indonesia dengan google classroom terhadap minat baca saat pandemi covid-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 246-256.

Kusumastuti, A & Khoiron, A. M. (2019). Metode penelitian kualitatif. Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo.

Mahadiun, L. (2018). Meningkatkan efektivitas belajar lembar cakram dengan menggunakan media modifikasi piring plastik pada siswa kelas XI.B SMPN 8 Pujut tahun pelajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah

Mandaka Education, 4(2), 17-153.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Surat edaran nomor 4 tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran coronavirus disease (COVID 19).

Nugrahani, F. (2014). Metode penelitian kualitatif dalam penelitian pendidikan bahasa. Cakra Books.

Salim, Jazuli, L. O. A., Nurhayati., & Saputra, H. N. (2020). Pelatihan penggunaan platform aplikasi e-learning schoology pada guru SMA. Jurnal Pengabdian dan Peningkatan Mutu Masyarakat, 1(2), 151-158.

Sugiyono. 2018. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Susilo, A dkk. (2020). Coronavirus disease 2019: Tinjauan literatur terkini. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, 7(1), 45-67.

Yulianto, D. & Nugraheni, A. S. (2021). Efektivitas pembelajaran daring dalam pembelajaran bahasa Indonesia. DECODE, Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(1), 33-42.




DOI: https://doi.org/10.24815/jbs.v16i2.27195

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Jurnal Bahasa dan Sastra

ISSN 1693-962X  (print) | 2564-6582 (online)
Organized by Universitas Syiah Kuala 
Published by Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala
Website : http://jurnal.unsyiah.ac.id/JLB
Email     : jimpbsi@fkip.unsyiah.ac.id

Creative Commons License